Jumat, 28 Desember 2012

Surga yang Disewakan

Belok kanan!


       Kulit njawani saya terpapar sinar matahari sore. Terik, namun menyisakan rasa nyaman. Gelembung udara kering mulai memasuki paru-paru. Tidak ada aroma terburu-buru yang memburu, hanya ada ruang-ruang teduh yang siap menerima kejutan selama perjalanan.
       Yeap! Kaki saya menginjak tanah Yogyakarta. Hanya saya dan satu koper, bulan Juni 2012 lalu. Tidak membuat janji dengan siapapun, apapun, kapanpun selama empat hari. Tujuan: mencari surga. Surga versi saya. Sederhana ternyata, di mana waktu berdetik santai.
       Setelah abang becak mengayuh sekitar lima kilometer dari pusat Yogyakarta ke arah selatan dan ia mulai kehabisan cerita tentang presiden pertama Republik Indonesia, saya pun tiba di surga versi saya. Terasnya tanpa pagar dengan pintu kayu terbuka lebar, Delta Home Stay di Prawirotaman. Tepatnya, Jl. Gerilya Prawirotaman MG III / 597A, Yogyakarta 55153, Indonesia.
       Tidak ada senyum berlebihan ala hotel bintang lima saat saya melenggang. Hanya ada seorang wanita, usianya mungkin menginjak empat puluhan, dengan senyum wajar. Sangat wajar. Dengan santun, ia meminta tanda pengenal saya untuk dicatat dan menyerahkan kunci. Sudah. Tanpa embel-embel yang tidak perlu.
      
Lorong yang menghubungkan lobby dengan area penginapan. Okay, sebut saya 'berlebihan' atau dramaaaa. Tapi, sumpah, waktu terasa berdetik lebih santai saat melewati lorong ini.







Meski kelihatan kosong, tapi sebenarnya ada penghuninya, kok. Mereka cuma... sangat menghargai privasi. Bersamaan dengan waktu saya menginap, ada newlywed dari Brazil, geng cowok-cowok berpenampilan ala One Direction dari Amerika yang cuma saya temui saat sarapan, dan dua cewek irit senyum yang katanya dari Norwegia.




Harga sewa kamar seharga Rp 90.000 (single bed room dengan fan dan kamar mandi luar) - Rp 160.000 (double bed room dengan fan atau AC dan kamar mandi dalam) per malam jadi terasa lebih mewah dengan fasilitas ini: kolam biru di bawah sorotan matahari dari timur!






Beranda berdinding anyaman! Kamar no.5, kamar saya. 






Untuk ukuran home stay, Delta juara soal kebersihan kamar. Bantal, kasur, sprei, dan selimut diganti setiap hari. Dan fitur paling kerennya adalah.... tidak ada jam di setiap kamar :)




Photo: Saya! Cempaka Fajriningtyas

Tidak ada komentar: